Kamis, 16 April 2015

Perbedaan Komputer Dulu dan Kini

                  Penasaran bagimana tampilan komputer jaman dulu hingga sekarang?
Perkembangan komputer dari zaman ke zaman mengalami perubahan dan kemajuan yang sangat pesat. Dulu komputer diciptakan hanya untuk sebagai alat mempermudah dalam perhitungan atau lebih mudahnya sebagai mesin penghitung matematika.

 Hasil gambar untuk computer in 21 centuryHasil gambar untuk computer in 21 centuryHasil gambar untuk computer in 18 centuryHasil gambar untuk computer in 18 century


Seiringnya perkembangan zaman yang semakin modern komputer terus berevolusi menjadi mesin serba guna khusunya pada bidang perindustrian dan penelitian. Berikut merupakan perbedaan-perbedaan komputer dari zaman dahulu sampai ke zaman yang modern ini.

  1. Penyusun/Bahan
  2. Kegunaan
  3. Biaya
  4. Daya
  5. Ketahanan
  6. SO (Sistem Operasi)
  7. Kecepatan 
  8. Keamanan
  9. Cara pembuatan
  10. Jenis data yang diolah
  11. Pengoperasiannya 
Berikut merupakan penjelasan dari perbedaan-perbedaan di atas:
1. Penyusun/Bahan
Tabung Hampa (Vacuum Tube)
Komputer generasi pertama menggunakan komponen elektronik yang merupakan sebuah Tabung hampa (Vacuum Tube). Ketika komputer memasuki zaman generasi ketiga, komputer sudah menggunakan Integrated Circuit (IC) yang berbentuk lempengan atau chip. Jadi perbedaan penyusun/bahan komputer jaman dulu dengan sekarang karena pada jaman komputer generasi pertama belum memakai chip dan ukurannya pun sangat besar. Tetapi seiring berjalannya zaman, kini komputer sudah lebih canggih karena memakai komponen elektronik yang berupa chip bahkan sampai biochip dan ukurannya pun semakin kecil.
 2. Kegunaan
Pada zaman generasi komputer pertama, ketika perang dunia kedua masih berlangsung beberapa negara menciptakan sebuah komputer sebagai alat pemecah kode rahasia dan sebagai alat pendesain pesawat terbang dan juga peluru kendali. Seiring perkembangan zaman, kegunaan komputer sekarang semakin dibutuhkan karena di zaman modern ini komputer digunakan untuk pekerja kantoran, sebagai media pembelajaran, dan sebagai alat komunikasi bahkan sampai sebagai media bisnis online.
3.  Biaya
Pada zaman dulu yaitu di zaman generasi komputer pertama, pemakaian komputer banyak menguras keuangan karena komputer pada zaman dulu memiliki bentuk yang begitu besar sehingga memerlukan tegangan listrik yang sangat tinggi. Sedangkan pada zaman sekarang penggunaan komputer sudah semakin modern karena penggunan dayanya sudah lebih kecil dan dapat mengehemat listrik serta dari bahan pendukung komputer tersebut harganya sudah relatif murah.
4. Daya
Penggunaan Daya pada komputer zaman dulu sangat membutuhkan daya yang sangat besar karena perangkat-perangkat komputer pada zaman dulu banyak yang tidak mendukung dan ukurannya pun cukup besar. Komputer pada zaman dulu juga banyak mengeluarkan panas sehingga memerlukan banyak pendingin. Sedangkan zaman sekarang daya yang digunakan pada komputer sudah tidak sebesar daya yang digunakan pada komputer zaman dulu di karenakan zaman sekarang komputer berukuran lebih kecil jadi daya yang dibutuhkan komputer tidaklah besar.
5. Ketahanan
Ketahanan yang dimiliki komputer pada zaman dulu termasuk komputer yang memiliki daya tahan yang kuat karena dipergunakan untuk Kemiliteran. Sedangkan komputer zaman sekarang memiliki daya tahan yang bisa dikatakan rentan kerusakan.
6. SO (Sistem Operasi)
Pada zaman dulu komputer pertama kalinya menggunakan sistem operasi yang bernama MS-DOS (Microsoft Disk Operating Sysem). Seiring perkembangan zaman yang makin pesat dan semakin modern, kini komputer sudah menggunakan berbagai sistem operasi yaitu seperti Windows, Linux, Mac OS dan lainnya.
7. Kecepatan
Kecepatan akses data pada komputer di zaman dahulu membutuhkan waktu yang cukup lama dikarenakan pada zaman komputer generasi pertama belum digunakannya mikrochip dan ukuran dari komputer tersebut juga sangat besar sehingga proses akses data masih sangat lambat. Sedangkan pada masa kini karena sudah menggunakan sebuah chip yang disebut processor maka kecepatan mengakses data dan informasi akan lebih cepat dan mudah.
8. Keamanan
Pada zaman masa lalu kemanan komputer masih di kategorikan kurang terjamin karena pada zaman dulu penyusun-penyusun kemanan komputer terbatas dan banyak penyusun lainnya yang tidak mendukung. Berbeda dengan sekarang kemanan komputer sudah semakin maju karena dari komponen-komponen keamanan komputer sekarang sangat mendukung. Bahkan Negara-negara besar di dunia sekarang sudah menggunakan jaringan komputer sebagai alat kemanan Negara.
9. Cara pembuatan
Cara pembuatan komputer pada zaman dulu sangat rumit karena dulu hanya dikerjakan oleh para ahli lewat penelitian-penelitian yang panjang dan membuat pengerjaanya menjadi lama. Berbeda dengan sekarang pembuatan komputer sudah di bantu dengan alat-alat canggih yang modern seperti halnya mesin robot sehingga pengerjaannya pun menjadi cepat.
10. Jenis Data yang Di Olah
Jenis data yang diolah komputer pada zaman dulu yaitu merupakan sebuah program yang berupa bahasa mesin (Machnie Language) bahasa mesin ini menggunakan kode 0 dan 1 dalam urutan tertentu. Sedangkan pada zaman modern ini bahasa pemrograman yang digunakan sudah memakai bahasa tingkat tinggi seperti BASIC,FORTRAN, dan COBOL.
11. Pengoperasiannya
Pengoperasian Komputer pada
Zaman Komputer Generasi Pertama
Dalam pengoperasiannya, pada zaman komputer generasi pertama dan kedua membutuhkan lebih dari satu orang untuk mengoperasikannya. Kenapa demikian, karena pada zaman tersebut komputer memiliki ukuran yang sangat besar sehingga memerlukan tenaga yang lebih. Berbeda dengan zaman sekarang, pengoperasian komputer sudah bisa dilakukan dengan satu orang, karena ukurannya yang lebih kecil dan simple bahkan bisa dibawa kemana saja seperti halnya laptop/notebook.
      komputer abad 19
 Hasil gambar untuk computer in 19 century      Hasil gambar untuk computer in 19 century

Komputer abad 20                          
 Hasil gambar untuk computer in 20 century             Hasil gambar untuk computer in 20 century   

 Komputer abad 21
Hasil gambar untuk computer in 21 century     Hasil gambar untuk computer in 21 century


Tidak ada komentar:

Posting Komentar